5 Cara Mencuci Seragam Olahraga Bahan Teteron Cotton


Seragam olahraga harus dibuat senyaman mungkin agar aktivitas olahraga yang anda lakukan bisa berjalan lancar. Oleh sebab itu, anda perlu membuatnya dari bahan yang tepat, seperti Teteron Cotton atau yang biasa disebut TC. Ada berbagai karakteristik seragam olahraga bahan TC yang menarik perhatian banyak orang. Oleh sebab itu, anda perlu menerapkan cara mencuci seragam olahraga bahan teteron cotton dengan benar agar kualitasnya tidak cepat menurun.

Cara Mencuci Seragam Olahraga Bahan Teteron Cotton
Konveksi Seragam Sekolah

Cara Mencuci Seragam Olahraga Bahan Teteron Cotton

Bhan teteron cotton merupakan bahan yang berasal dari campuran antara serat polyester dan serat katun dimana kandungan polyesternya lebih banyak. Tentu saja hal ini akan sangat mempengaruhi karakteristiknya, termasuk cara perawatannya. Oleh sebab itu, sebelum anda memesan seraam olahraga ini, maka perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara mencucinya. Berikut Konveksi Surabaya akan menjelaskan mengenai beberapa cara mencuci seragam olahraga bahan teteron cotton.

1. Keringkan atau Segera Cuci

Cara mencuci seragam olahraga bahan teteron cotton yang pertama adalah dengan mengeringkan terlebih dahulu atau segera cuci. Seragam olahraga yang baru saja selesai digunakan tentu saja sudha terkena banyak kerinat. Oleh sebab itu, anda bisa keringkan terlebih dahulu keringatnya sebelum dicuci. Hal ini bertujuan agar lebih memudahkan ketika proses pencucian dan menceggah bakteri tumbuh pada serat pakaian.

Jika anda tidak ingin mengeringkannya terlebih dahulu, maka segera cuci seragam tersebut. Hal ini karena seragam olahraga yang penuh keringat akan cepat rusak dan bau apabila tidak segera dicuci. Jika anda segera mencucinya setelah digunakan, maka hal ini bisa menjegah bakteri dan jamur tumbuh dan pberkembang pada serat pakaian. Bakteri dan jamur merupakan faktor yang sering menyebabkan kerusakan pada seragam olahraga.

2. Gunakan Produk yang Tepat

Dalm proses pencucian, tentu saja anda membutuhkan berbagai produk untuk membantu membersihkan seragam olahraga anda secara mksimal. Namun, tidak semua produk tersebut cocok untuk semua jenis bahan pakaian. Untuk seragam olahraga dari bahan teteron cotton, maka anda bisa menggunakan detergen yang lembut untuk menjaga agar bahannya tidak cepat rusak. Jika menggunakn detergen yang keras, maka permukaannya bisa menjadi kasar dan seratnya jadi rusak.

Selin itu, apabila seragam olahraga anda berwarna, maka sebaiknya hindari menggunakan pemutih atau detergen yang mengandung pemutih. Hal ini dikarenakan pemutih bisa membuat warna bahan TC ini menjadi luntur. Tentu saja penampilan seragam olahraga anda menjadi kurang menarik lagi apabila warnnya sudah luntur. Apabila ada noda membandel, maka anda bisa memanfaatkan berbagai bahan alami untuk membersihkannya.

3. Rendam

Cara mencuci seragam olahraga bahan teteron cotton yang selanjutnya adalah dengan merendamnya terlebih dahulu. Sebelum mencuci, ada baiknya anda merendam seragam olahraga tersebut terlebih dahulu. Proses perendaman ini akan sangat membantu ketika proses pencucian karena noda yang menempel pada serat pakaian menjadi lebih mudah dibersihkan. Anda bisa menyiapkan wadah tertentu, kemudian isi air dan tambahkan detergen secukupnya.

grosir seragam olahraga murah

Jika persiapan sudah selesai, masukkan seragam olahraga tersebut ke dalam larutan detergen tersebut. Jangan lupa untuk memisahkan terlebih dahulu seragam olahraga TC dari pakaian lainnya, teerutama dari bahan yang mudah luntur. Hal ini bertujuan untuk menghindari seragam olahraga anda dari kelunturan. Proses perendaman ini sebaiknya jangan terlalau lama. Cukup sekitar 15-30 menit saja.

4. Cuci dengan Hati Hati

Bahan TC mengandung serat katun, walau tidak banyak. Oleh sebab itu, bahan yang satu ini cukup sensitif terhadap gesekan. Oleh sebab itu, lebih disrankan mencuci seragam olahraga bahan TC secara manual daripada menggunakan mesin cuci. Dengan begitu, anda bisa mencegah seraam olahraga ini mengalami gesekan terus menerus di dalam tabung mesin cuci dengan kecepatan stabil.

Meski dicuci secara manual, tapi anda harus tetap hati-hati, terutama ketika menyikatnya. Gunakanlah sikat dengan bulu halus dan lakukan secara perlahan dan tidak terlalu meneknnya. Namun, akan lebih baik jika anda tidak menyikatnya, melainkan cukup dengan menguceknya saja. Dengan demikian, kualitas seratnya bisa lebih terjag hingga seragam olahraga anda bisa bertahan lebih lama.

5. Proses Penjemuran

Cara mencuci seragam olahraga yang terakhir adalah proses penjemuran. Setelah selesai mencuci, maka segeralah jemur seragam tersebut. Sebaiknya anda jemur seragam olahraga dari bahan TC ini di tempat yang teduh. Dengn tidak terkena sinar matahari secara langsung, maka warna dri seragam ini bisa lebih terjaga. Setelah kering, maka seeralah simpan di tempat yang bersih dan tidak lembab untuk mencegah jamur dan bakteri tumbuh.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai beberapa cara mencuci seragam olahraga bahan teteron cotton yang benar. Dengan menerapkan pencucian yang tepat, maka kulitas dari bahan teteron cotton ini bisa lebih terjaga dan bisa bertahan lebih lama. Namun, apabila anda tertarik untuk memesan seragam olahraga baru, maka bisa seger menghubungi Konveksi Surabaya. Di sini anda bisa menemukan berbagi pilihan bahan seragam olahrag berkualitas dengan harga terjangkau.