5 Penyebab Jaket Hoodie Bisa Berbulu


Pernahkah anda menjumpai pakaian yang serat kainnya keluar secara serabutan hingga membentuk bulu halus yang menggumpal? Ada beberapa jenis bahan yang mudah berbulu seperti itu, seperti bahan fleece yang biasanya digunakan pada jaket hoodie. Sebenarnya, ada berbagai hal yang menjadi penyebab jaket hoodie bisa berbulu. Dengan mengetahui penyebabnya, maka anda bisa mencegah masalah ini terjadi.

Penyebab Jaket Hoodie Berbulu

Penyebab Jaket Hoodie Bisa Berbulu

Jaket hoodie merupakan jaket populer yang disukai banyak orang. Kesan kasualnya membuat jaket hoodie cocok untuk berbagai kalangan. Tak heran jika jaket yang satu ini cukup sering digunakan di berbagai kegiatan santai. Oleh sebab itu, agar anda tetap bisa tampil keren dengan menggunakan jaket hoodie, maka anda perlu mengetahu penyebab serat kainnya jadi berbulu. Berikut Konveksi Surabaya akan memberikan penjelasan mengenai beberapa penyebab jaket hoodie bisa berbulu.

1. Kualitas Bahan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, ada berbagai jenis kain yang bisa dengan mudah berbulu atau seratnya rusak. Oleh sebab itu, anda perlu memperhatikan kualitas bahan jaket hoodie yang anda pesan atau anda beli. Biasanya memang jaket hoodie terbuat dari bahan fleece, namun ada juga yang terbuat dari bahan lainnya.

Jenis bahan jaket hoodie yang biasanya mudah berbulu adalah bahan yang mempunyai serat kain yang renggang. Semakin renggang serat kain dari suatu bahan, maka akan semakin mudah untuk berbulu. Oleh sebab itu, anda bisa memilih bahan yang memiliki serat cukup rapat atau bahan yang berkualitas tinggi.

2. Penggunaan Jaket

Penyebab jaket hoodie berbulu selanjutnya adalah penggunaan jaket hoodie itu sendiri. Sekalipun anda telah memilih bahan dengan kualitas terbaik, tetap ada kemunkinan bahan tersebut berbulu. Hal ini karena masih ada faktor lain yang bisa menyebabkan kain berkualitas pun bisa tetap rusak atau berbulu, seperti penggunaan jaket hoodie. Sekalipun kualitas bahannya cukup tinggi, tapi jika anda menggunakan jaket hoodie dengan sembarangan, maka jaket tersebut tetap bisa rusak.

Contohnya adalah anda teralu sering menggunakan jaket hoodie tersebut dan ditambah dengan perawatan yang salah. Hal ini bisa menyebabkan permukaan atau serat kain menjadi semakin renggang dan semakin mudah rusak. Apalagi saat anda terlalu sering menggunakan jaket hoodie, maka permukaan jaket tersebut tentu akan semakin sering bergesekan dengan berbagai hal atau barang yang juga bisa menimbulkan kerusakan.

3. Gesekan Antar Pakaian

Penyebab jaket hoodie berbulu lainnya adalah adanya pergesekan antar pakaian. Biasanya kondisi ini terjadi ketika anda mencuci pakaian menggunakan mesin cuci. Apalagi jika anda mencuci berbagai jenis pakaian sekaligus dan tidak memisahkannya terlebih dahulu. Jika anda tidak memisahkan berbagai jenis pakaian terlebih dahulu, maka ada kemungkinan jaket hoodie tersebut dicuci bersamaan dengan pakaian lain yang memiliki karakteristik bahan kaku atau kasar.

Jaket hoodie custom murah

Perputaran mesin cuci yang cepat dan otomatis akan menyebabkan terjadinya gesekan antar pakaian. Gesekan ini bisa terjadi secara terus menerus selama proses mencuci hingga membuat jaket hoodie anda yang berbahan halus bergesekan dengan pakaian yang kaku. Hal ini kemudian bisa menyebabkan serat jaket hoodie rusak dan kemudian berbulu.

4. Cara Mencuci dan Menjemur Jaket

Untuk menjaga agar kualitas jaket hoodie tetap baik, maka anda harus merawatnya dengan benar. Cara mencuci jaket hoodie yang benar ini bisa anda temukan di bagian label jaket dan harus anda ikuti. Namun, demi menjaga kualitas serat jaket, maka sebaiknya anda mencuci jaket secara manual. Hal ini karena mencuci jaket hoodie dengan mesin cuci lebih beresiko menyebabkan serat kain rusak dan berbulu.

Meski demikian, mencuci secara manual juga bisa menyebabkan jaket hoodie berbulu apabila merendam terlalu lama dan menyikatnya dengan keras. Bahkan, cara menjemur jaket hoodie yang salah juga bisa membuat seratnya rusak. Cara menjemur yang salah ini seperti menjemur di bawah sinar matahari secara langsung dan tidak membaliknya. Selain itu, menggunakan hanger juga bisa menjadi penyebabnya karena bisa membuat bahan jaket hoodie menjadi melar.

5. Cara Menyetrika Jaket

Penyebab terakhir jaket hoodie berbulu adalah cara menyetrika yang salah. Bahan jaket hoodie memang biasanya sangat rentan terhadap panas, termasuk panasnya setrika. Oleh sebab itu, sebaiknya anda menyetrika dengan suhu yang rendah atau hangat. Jika menggunakan suhu tinggi atau panas, maka bisa menyebabkan bahan menjadi merenggang hingga potensi untuk rusak dan berbulu menjadi semakin besar.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai beberapa hal yang menjadi penyebab jaket hoodie bisa berbulu. Dengan mengetahui berbagai penyebab di atas, maka anda bisa mencegah terjadinya kerusakan pada jaket hoodie anda. Namun, jika anda ingin memesan jaket hoodie baru, maka bisa langsung menghubungi Konveksi Surabaya. Di sini anda akan mendapatkan produk yang berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau.