5 Penyebab Warna Jaket Menjadi Pudar


Ketika anda ingin styling jaket untuk cuaca dingin maupun panas, tentu saja akan terlihat keren jika warna jaketnya masih jelas atau terang. Namun, jika warna jaket sudah memudar, maka penampilan anda jadi terlihat kurang menarik lagi. Oleh sebab itu, anda perlu mengetahui apa saja penyebab warna jaket menjadi pudar agar bisa melakukan pencegahan. Tentunya mencegah menjadi pilihan yang lebih baik daripada mengatasi.

Penyebab Warna jaket Menjadi Pudar
Terima Jasa Pembuatan Segala Macam Jenis Konveksi Surabaya

Penyebab Warna Jaket Menjadi Pudar

Ada berbagai cara yang bisa anda lakukan untuk menjaga warna jaket agar tetap terlihat cerah atau jelas, salah satunya adalah dengan mengetahui penyebab warnanya menjadi pudar. Bisa jadi berbagai cara untuk membuat warna jaket tetap cerah yang pernah anda lakukan gagal karena ada kebiasaan yang justru membuat warnanya menjadi pudar. Dengan mengetahui hal tersebut, maka anda bisa menghindarinya hingga warna jaket yang memudar bisa dicegah. Berikut Konveksi Surabaya akan menjelaskan mengenai beberapa penyebab warna jaket menjadi pudar.

1. Kualitas Bahannya

Penyebab warna jaket menjadi pudar pertama adalah dari faktor kualitas bahannya. Memang bahan jaket akan sangat menentukan karakteristiknya, baik itu urusan kekurangan maupun kelebihannya. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mempelajari bagaimana karakteristik setiap bahan jaket, kemudian baru membuat keputusan bahan mana yang hendak dipilih. Jangan sampai anda menyesal setelah asal pilih bahan karena tidak sesuai ekspektasi.

Ada bahan jaket yang mempunyai karakteristik mudah pudar dan ada juga yang tidak mudah pudar. Sebagai contoh adalah american drill yang menjadi salah satu jenis bahan drill yang warnanya cukup mudah pudar dibandingkan jenis drill lainnya. Sementara itu, kain japan drill menjadi jenis drill yang warnanya cukup awet dan tidak mudah pudar.

2. Merendam Terlalu Lama

Ketika seseorang merasa jika jaketnya terlalu kotor, tak jarang akan langsung merendamnya dalam kurun waktu cukup lama, bahkan sampai semalaman. Semakin jaket kotor, maka harus semakin lama merendamnya merupakan anggapan yang salah. Hal ini karena kebiasaan tersebut justru bisa menyebabkan warna jaket perlahan menjadi luntur.

Merendam jaket terlalu lama membuat warna jaket perlahan-lahan bisa luntur atau memudar, apalagi jika bahan yang digunakan memang mudah pudar. Bahkan, jika bahan jaketnya tidak mudah pudar, jika anda rendam terlalu lama, apalagi menggunakan air dicampur detergen, maka tetap akan berakibat pada warna jaket yang menjadi pudar.

3. Cara Mencuci yang Salah

Penybab warna jaket menjadi pudar selanjutnya adalah cara mencuci yang salah. Perawatan jaket juga sangat mempengaruhi kualitas dari warna jaket anda. Jika perawatan yang dilakukan benar, maka warna jaket anda bisa bertahan lama. Namun, apabila anda salah dalam melakukan perawatan, maka warna jaket bisa dengan mudah cepat pudar. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengecek terlebih dahulu bagian labelnya yang berisi panduan perawatan yang benar.

Pesan jaket custom murah
Tempat Produksi Jaket di Konveksi Surabaya

Contoh perawatan yang salah adalah mencuci jaket menggunakan air panas. Ada banyak bahan jaket yang tidak tahan akan suhu panas, termasuk air panas. Jika terkena air panas, maka warna pada serat kain perlahan akan memudar. Selain itu, mencuci semua jenis pakaian bersamaan dengan mesin cuci juga menjadi kesalahan besar karena warna pakaian bisa luntur dan terkena ke pakaian lainnya. Jika mencuci menggunakan tangan, maka mengucek atau menyikat terlalu keras juga bisa membuat warna jaket perlahan memudar.

4. Bahan Kimia

Salah satu alasan mengapa jaket anda warnanya mudah pudar adalah berbagai produk yang mempunyai kandungan bahan kimia, seperti detergen. Hal ini bukan berarti tidak boleh mencuci jaket menggunakan detergen, namun harus lebih menyesuaikan jenis detergen dengan jenis bahan jaket. Ada detergen yang mengandung bahan kimia keras hingga tidak cocok untuk beberapa bahan jaket tertentu.

Contoh bahan kimia lainnya adalah pemutih yang bisa menghilangkan noda membandel yang menempel pada serat pakaian. Namun, penggunaan takaran yang tidak tepat bisa menyebabkan warna jaket juga ikut hilang atau memudar. Bahkan, produk seperti parfum yang mengandung bahan kimia juga bisa menyebabkan warna jaket pudar karena bahan kimianya bisa bereaksi dengan pigmen warna pakaian hingga kemudian menyebabkan warna pudar.

5. Penjemuran yang Salah

Cara menjemur yang salah juga bisa menjadi penyebab warna jaket menjadi pudar. Menjemur jaket langsung di bawah sinar matahari akan membuat warnanya menjadi pudar sebab kebanyakan bahan jaket tidak tahan akan suhu panas. Jika anda ingin menjemur langsung di tempat yang panas, maka balik terlebih dahulu. Selain itu, penggunaan mesin pengering juga kurang tepat karena mesin tersebut juga mengeluarkan suhu panas yang bisa merusak warna jaket.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai beberapa penyebab warna jaket menjadi pudar. Anda bisa menjdaikan informasi di atas sebagai pengetahuan tambahan yang membuat anda bisa menghindari berbagai penyebab warna jaket pudar. Jika anda ingin memesan jaket baru yang berkualitas, maka bisa segera menghubungi Konveksi Surabaya. Di sini terdapat banyak pilihan bahan dan model jaket yang keren dengan harga grosir.