Alasan Jaket Hitam Tidak Cocok Untuk Cuaca Panas


Cuaca panas memang merupakan cuaca yang kurang menyenangkan bagi banyak orang karena membuat mudah berkeringat hingga membuat tubuh lengket, gatal dan tidak nyaman. Apalagi panasnya sangat mengganggu, terutama bagi yang memiliki kulit sensitif. Oleh sebab itu, berbagai cara dilakukan untuk melindungi tubuh ketika cuaca panas, salah satunya dengan memakai jaket. Tapi, jaket hitam sangat tidak disarankan karena ada berbagai alasan jaket hitam tidak cocok untuk cuaca panas. Oleh sebab itu, anda bisa gunakan warna lain agar terasa lebih nyaman.

Alasan Jaket Hitam Tidak Cocok Untuk Cuaca Panas

Alasan Jaket Hitam Tidak Cocok Untuk Cuaca Panas

Jaket warna hitam sebenarnya cukup diminati karena bisa dikombinasikan dengan pakaian warna apa saja karena termasuk warna netral. Meski demikian, jaket yang berwarna hitam sangat direkomendasikan untuk tidak digunakan saat cuaca panas. Tentu banyak yang sudah mengetahui hal ini, tapi tidak semua orang tahu mengenai alasannya. Berikut Konveksi Surabaya akan memberikan sedikit penjelasan mengenai alasan jaket hitam tidak cocok untuk cuaca panas.

1. Menyerap Cahaya

Alasan pertama mengapa jaket hitam tidak cocok untuk cuaca panas adalah karena warna hitam memiliki karakteristik menyerap cahaya dan panas. Jaket warna hitam memiliki kemampuan untuk menyerap banyak cahaya dengan mudah, termasuk cahaya matahari. Selain itu, jaket yang berwarna hitam juga tidak memantulkan cahaya tersebut, melainkan menahannya.

Selanjutnya, cahaya yang sudah terperangkap dan terkumpul di dalam jaket hitam tersebut akan diubah menjadi energi panas. Jadi, inilah awal mula mengapa banyak orang yang menganggap warna hitam dapat menyerap panas dimana yang sebenarnya adalah warna hitam menyerap cahaya, kemudian mengubahnya menjadi panas. Jaket yang terasa panas pastinya tidak akan membuat anda merasa nyaman selama menggunakannya.

2. Menahan Panas

Selain mengubah cahaya menjadi panas, rupanya jaket warna hitam juga mampu menahan panas tersebut. Hal ini membuat energi panas tersebut terus menerus terperangkap di dalam jaket anda dan semakin lama bisa terasa semakin panas. Kondisi semacam ini pasti membuat anda merasa semakin tidak nyaman karena kegerahan dan keringat berlebih. Apalagi, keringat berlebih tersebut juga bisa menimbulkan berbagai masalah lain, seperti gatal-gatal atau bau tidak sedap.

Panas berlebih yang anda rasakan ketika menggunakan jaket hitam ini bisa menyebabkan berbagai masalah serius. Misalnya saja anda mengalami keringat berlebih hingga anda kekurangan banyak cairan. Jika anda tidak banyak minum, maka bisa mengalami dehidrasi dengan gejala pusing, badan panas, lemas dan semacamnya. Selain itu, juga bisa menyebabkan masalah lainnya, seperti overheating atau heatstroke.

grosir jaket custom murah
Produksi Seragam Kantor di Surabaya

3. Cepat Gerah

Alasan lain jaket hitam tidak cocok untuk cuaca panas adalah karena bisa membuat anda merasa cepat gerah. Bahkan baru keluar rumah satu dua menit saja badan anda sudah bisa mengeluarkan banyak keringat. Apalagi jika jaket yang anda gunakan memiliki bahan yang cukup tebal, maka bisa jadi keringat yang anda keluarkan jadi terlalu banyak dalam waktu yang cukup singkat. Meski jenis bahan jaket yang cocok untuk cuaca panas sudah anda miliki, tapi kalau warnanya hitam jadi percuma saja.

Tentu saja kondisi ini sangat tidak menyenangkan, apalagi jika baru beberapa menit sebelumnya anda sudah mandi dan berdandan rapi. Kondisi kegerahan bisa membuat anda merasa sangat menyebalkan karena usaha persiapan anda sebelumnya jadi sia-sia. Apalagi jika memang anda saat ini harus banyak beraktivitas di luar ruangan, tentunya akan membuat keringat semakin banyak keluar.

4. Membuat Produksi Keringat Meningkat

Alasan selanjutnya ini sebenarnya masih berhubungan dengan beberapa alasan lain pada daftar di atas. Karena jaket hitam mampu menahan panas, maka akan membuat suhu tubuh anda menjadi meningkat. Dalam kondisi semacam ini bisa membuat produksi keringat juga meningkat hingga dengan cepat anda sudah mengeluarkan banyak keringat, sekalipun anda baru saja selesai mandi.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, terlalu banyak berkeringat bisa menyebabkan berbagai masalah, seperti tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi. Anda bahkan bisa sampai pingsan jika dehidrasi yang dialami sudah semakin parah. Selain itu, jika bahan jaket anda tidak bisa menyerap keringat dengan baik, maka kulit anda akan terasa gatal atau badan anda mengeluarkan bau kurang sedap.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai beberapa alasan jaket hitam tidak cocok untuk cuaca panas. Semoga informasi di atas bisa menjadi pengetahuan tambahan untuk anda hingga bisa membuat anda terhindar dari salah memilih warna saat cuaca panas. Jika anda ingin memesan jaket yang cocok untuk cuaca panas, maka bisa segera menghubungi Konveksi Surabaya. Di sini anda akan mendapatkan banyak pilihan bahan jaket berkualitas dengan pilihan warna yang cukup lengkap. Apalagi harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, yakni harga grosir.