Cara Merawat Jaket Fleece yang Benar Agar tetap Awet


Perlu anda pahami terlebih dahulu bahwa setiap jenis jaket biasanya memiliki kelebihan dan karakteristik yang berbeda. Begitu juga dengan jenis jaket yang berbahan fleece. Meski kelebihan jaket fleece ada banyak dan cukup menarik, itu tidak ada artinya jika anda salah dalam perawatannya. Oleh sebab itu, anda juga perlu mengetahui cara merawat jaket fleece yang benar agar jaket tersebut bisa tetap awet.

Cara merawat jaket fleece

Cara Merawat Jaket Fleece yang Benar Agar tetap Awet

Cara merawat jaket ini biasanya disesuaikan dengan karakteristik dari bahan yang digunakan. Tentu saja perawatan jaket dengan bahan yang halus dan lembut akan berbeda dari perawatan jaket dengan bahan yang kaku. Bahan fleece sendiri termasuk jenis bahan jaket dengan karakteristik tebal, lembut dan halus. Berikut Konveksi Surabaya akan memaparkan cara merawat jaket fleece yang benar agar bisa tetap awet.

1. Jangan Gunakan Mesin Cuci

Penggunaan mesin cuci memang sangat disarankan untuk dihindari apabila anda ingin mencuci pakaian dengan bahan yang halus. Hal ini karena mesin cuci berputar secara statis dan membuat terjadinya gesekan antar pakaian. Oleh sebab itu, ada kemungkinan pakaian berbahan halus tersebut bisa rusak, terlebih jika anda mencucinya bersamaan dengan pakaian yang bahannya kaku.

Bahan fleece juga termasuk bahan yang halus, jadi sebaiknya anda mencuci secara manual. Dengan mencuci menggunakan tangan, anda bisa lebih berhati-hati selama mencucinya hingga serat fleece dapat terjaga dengan baik. Selain itu, anda juga sebaiknya menghindari mengeringkan jaket fleece menggunakan mesin pengering karena juga dapat menimbulkan kerusakan pada serat kain.

2. Mencuci

Sebelum mencuci jaket fleece, anda bisa terlebih dahulu merendamnya menggunakan air dingin yang dicampur dengan detergen berbahan lembut. Perendaman ini sebaiknya tidak terlalu lama, cukup sekitar lima belas menit saja. Jika ada noda membandel yang menempel pada permukaan jaket, maka cukup dengan mengoleskan detergen cair pada noda tersebut.

Cara mencuci jaket fleece yang benar selanjutnya adalah dengan menggunakan sikat berbulu lembut. Anda bisa menggunakan sikat tersebut secara perlahan pada jaket fleece dengan gerakan searah. Setelah itu, diamkan terlebih dahulu selama beberapa menit sampai kotoran atau noda tersebut terlepas dengan sendirinya. Kemudian bilas jaket beberapa kali sampai benar-benar bersih, lalu peras beberapa kali.

3. Menjemur

Setelah selesai dicuci, sebaiknya anda segera menjemurnya karena jika didiamkan dalam keadaan basah terlalu lama dapat memicu tumbuhnya jamur. Namun, sebaiknya anda menghindari menjemur jaket fleece di bawah sinar matahari secara langsung. Hal ini karena jika terlalu lama dijemur di bawah sinar matahari secara langsung bisa membuat warna jaket menjadi cepat pudar.

jaket fleece murah

Lantas, bagaimana cara menjemur jaket fleece yang benar? Cukup dengan diangin-anginkan saja di tempat terbuka yang teduh. Anda tidak perlu khawatir jika jaket tersebut tidak kering karena bahan fleece merupakan jenis bahan yang bisa cepat kering. Selain itu, anda bisa menggunakan gantungan baju untuk menjaga bentuk jaket fleece agar tidak melar atau semacamnya.

4. Menyimpan

Cara merawat jaket fleece yang benar terakhir adalah dengan memperhatikan bagaimana cara menyimpannya. Pastikan ketika anda mengangkatnya dari jemuran dalam keadaan benar-benar kering untuk menghindari tumbuhnya jamur. Jika anda ingin menyetrikanya, maka gunakan suhu rendah agar tidak merusak serat kain. Namun, jika jaket tersebut tidak terlalu kusut, sebaiknya tidak perlu disetrika.

Jangan sampai anda menyimpan jaket ini dalam keadan terlipat karena bisa menjadi tempat penumukan debu. Permukaan bahan fleece itu sedikit berbulu hingga membuat debu dengan mudah menempel pada permukaan kain. Jadi, sebaiknya anda gantung jaket tersebut dan gunakan plastik penutup agar terhindar dari debu. Jika selesai menggunakan jaket fleece, gantung menggunakan gantungan baju, kemudian angin-anginkan agar tidak bau.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai cara merawat jaket fleece dengan benar agar tetap awet. Baca juga label pada jaket untuk mengetahui informasi lebih mengenai apa saja yang harus dilakukan dan dihindari selama menggunakan dan merawat jaket tersebut. Namun, apabila anda belum memilikinya, maka anda bisa memesan jaket fleece dengan desain custom di Konveksi Surabaya. Anda akan mendapatkan produk dengan kualitas memuaskan, namun dengan harga yang cukup terjangkau.